Cara Membuat Suara AI di TikTok

C

Di TikTok ada sebuah fitur bernama text to speech, yang berguna mengubah teks menjadi suara. Keutamaan fitur ini, Anda bisa memakai beberapa jenis suara yang disediakan secara default. 

Seperti suara Icha, Darma, Putra, Shinta, Cheryl dan lain-lain. Selain memakai suara-suara itu, Anda juga bisa memakai suara AI Anda sendiri.

Cara Membuat Suara AI Anda Sendiri di TikTok

Maksud dari membuat suara AI Anda adalah, membuat suara memakai sampel suara Anda. Berikutnya Anda bisa mengubah teks menjadi suara memakai suara Anda sendiri. Jadi tak perlu melakukan voice over. Cukup memasukkan teksnya, nanti sistem akan membaca teks-teks itu memakai suara yang mirip dengan mirip Anda.

Langkah 1

Buka aplikasi TikTok, kemudian klik ikon + untuk membuat konten baru. Anda bisa merekam video, mengambil foto atau mengupload video yang sudah diedit. Kemudian tambahkan teks dengan klik gambar Aa

Masukkan teks yang ingin diubah menjadi suara. Kemudian klik teks itu dan pilih Text to Speech.

Baca Juga: Cara Membuat Suara Google Review Film

Langkah 2

Setelah itu pilih menu Buat Suara AI Anda. Berikutnya dibawa ke halaman Anda disajikan teks dan tombol merekam suara.

Silakan baca teks yang ditebalkan sambil merekamnya. Setelah selesai direkam, klik tanda microphone dan otomatis sistem akan memproses suara yang masuk tadi untuk sampel.

Langkah 3

Di halaman selanjutnya, disajikan hasil suara AI Anda. Anda bisa mengecek bahasa demi bahasa. Ada Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Jepang, dan lain-lain.

Jika sudah sesuai klik Gunakan Suara. Tapi jika ingin mengambil rekaman ulang, pilih Mulai dari Awal. Anda bisa mengulanginya berkali-kali sampai mendapatkan hasil yang sesuai.

Langkah 4

Secara otomatis suara tadi tersimpan dan tiap kali membuat text to speech, Anda bisa memilih suara itu untuk pengisi suara AI.

Untuk membuat suara Google AI Anda membaca teks berbahasa Inggris, Jepang atau yang lain, cukup dengan memasukkan teks dalam bahasa yang diinginkan. Simpan video bersuara AI Anda, lalu upload ke sosial media.

Lihat: Cara Membuat Suara Google Meme

Beberapa Kekurangan Voice AI TikTok

Berikut adalah hal-hal yang masih kurang dari fitur TikTok ini:

1. Jumlah teks yang dimasukkan untuk diubah menjadi suara sangat terbatas. Jadi tidak bisa langsung banyak 

2. Hasil suara kadang terasa aneh, seperti nada saat bertemu tanda baca. Tapi hal ini juga tergantung dari seberapa bagus Anda membaca teks pada rekaman suara untuk sampel suara AI

3. Untuk membaca teks selain Bahasa Indonesia, terdengar masih aneh

Demikian adalah cara membuat suara AI Abda sendiri. Teknologi ini bisa didapatkan di aplikasi atau website lain. Nama layanannya adalah voice clone. Pengguna dapat membuat suara AI dengan suara orang tertentu atau suara Anda. Sayangnya layanan seperti ini harus membayar, berbeda dengan TikTok yang bisa dipakai gratis.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda siap membuat suara AI di TikTok. Untuk menambah koleksi suara Anda, baca Cara Download Sound of Text TikTok. Jangan lewatkan juga Cara Aktifkan Streak di TikTok dan Streak Rainbow untuk fitur dan tantangan seru lainnya. Selamat berkreativitas!

About the author

Nuh Bijaksana

Berusaha memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Karena hanya waktu, seusatu yang kamu isi ataupun buang tetap akan hilang.

Add Comment

Popular Posts